Qgiv menganalisis sebanyak 320.000 donasi yang disalurkan melalui platform lembaga itu selama November 2011 hingga November 2012. Salah satu temuannya menyebutkan bahwa nilai rata-rata dari sumbangan yang diberikan pengguna Mac ke organisasi non-profit adalah 182 dollar AS, lebih besar daripada rata-rata pengguna Windows yang tercatat sebesar 137 dollar AS.
Hal menarik lainnya yang turut diungkapkan oleh penelitian Qgiv adalah bahwa pengguna layanan e-mail gratis menyumbang lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna domain perusahaan atau pribadi.
Pengguna Gmail, misalnya, rata-rata mengeluarkan uang sebesar 143 dollar AS sekali menyumbang. Pengguna AOL mencatat angka sumbangan rata-rata sebesar 138 dollar AS, Hotmail 120 dollar AS. Sementara itu, pengguna Yahoo berada di urutan terbawah dengan rata-rata 120 dollar per sumbangan.
Dari segi browser yang dipakai, penyumbang yang memberikan donasi rata-rata paling besar—sejumlah 168 dollar AS—menggunakan browser Safari. Pengguna Chrome rata-rata memberi sumbangan 153 dollar AS, Firefox berada di urutan berikutnya dengan 140 dollar AS. Pengguna browser internet Explorer mencatat angka rata-rata 138 dollar AS sekali menyumbang.
Tidak dijelaskan apa alasan di balik angka-angka tersebut. Salah satu dugaan mengenai kenapa pengguna Mac bisa menyumbang lebih besar adalah kerena mereka biasa membayar mahal untuk membeli barang seperti komputer sehingga tak ragu merogoh kocek dalam-dalam untuk suatu keperluan, termasuk beramal.
Data yang diperoleh dari penelitian Qgiv ini diharapkan bisa membantu organisasi-organisasi amal dalam menjalankan kampanye mereka dan menarget donor yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar